Menggunakan OpenSID, Pelayanan di Desa Lerankulon Lebih Efektif & Efisien

Sejak menggunakan OpenSID, Pelayanan surat menyurat Desa Lerankulon bisa lebih efektif dan efisien. bagaimana tidak, OpenSID yang menggunakan sistem database memungkinkan semua data surat menyurat dan lain-lain tersimpan secara otomatis. Sistem OpenSID bisa meminimalisir kesalahan ketik karena semua data penduduk dipanggil dari database mysql yang telah dimasukkan ke dalam sistem sebelumnya. OpenSID juga mengurangi pekerjaan yang biasanya ditulis tangan bisa langsung di print dalam sekali memasukkan data, seperti blanko F.1-01, F.1-25 dst untuk pindah penduduk, pengganti F.1-05 perubahan biodata, bahkan F.1-21 untuk pengajuan E-KTP juga bisa langsung keluar datanya sekalian membuat pengantar E-KTPnya. Selain itu juga banyak sekali surat pengantar lain yang dapat dikerjakan lebih cepat dengan OpenSID.

Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) adalah sistem olah data dan informasi berbasis komputer yang dapat dikelola oleh pemerintah dan komunitas desa dalam dua ranah: 

1. Offline 
Aplikasi diinstall dalam komputer server di kantor desa dan dioperasikan sebagai server (pusat data) yang bersifat lokal. Karena tidak terhubung ke internet, SID offline hanya bisa diakses dalam jaringan lokal. Sistem offline ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam penggunaan aplikasi SID harian. Database dari hasil proses olah data secara offline itu dapat diunggah ke sistem online secara berkala. 

2. Online 
SID akan optimal jika terhubung ke internet sebagai sistem online berbasis web. SID online akan otomatis berfungsi juga sebagai website desa. Website desa ini memiliki fungsi yang terbagi dalam dua bagian, yakni bagian depan yang bisa diakses oleh publik dan bagian dalam yang hanya bisa diakses oleh administrator sistem. bagian kedua inilah yang kita lihat saat ini.

Semoga dengan adanya Aplikasi OpenSID pelayanan Desa Lerankulon menjadi  lebih baik dan Desa Lerankulon sendiri menjadi  lebih melek teknologi. terima kasih para penggiat OpenSID yang telah meluangkan banyak waktunya secara sukarela untuk memajukan desa di seluruh Indonesia. 

 

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

  • Untuk Mas Hidayat Bisa datang ke Balai Desa Lerankulon, kita sharing mas, saya juga masih belajar.

  • Mas, bagi ilmunya boleh dong...

  • Smga bisa lebih sempurna.....

  • Dengan adanya SID di desa lerankulon sangat membantu memudahkan perangkat desa dalam mengelola administrasi dan kearsipan sehingga bisa dipertanggungjawabkan. Adanya SID juga nantinya bisa menjadi kontrol bagi masyarakat terhadap segala kegiatan yg ada di desa

  • Keren. Lanjutkan