11 Februari 2019 15:53:38
Ditulis oleh Admin

Melebihi Kuota Yang Dibutuhkan, Panitia Pengisian Anggota BPD Leran Kulon Tidak Membuka Pendaftaran

Panitia pengisian anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Leran Kulon resmi menutup pendaftaran calon anggota BPD pada Senin, 11 Februari 2019 pukul 15.30 WIB. Dengan demikian panitia tidak lagi membuka pendaftaran gelombang II, ini terjadi karena pada pembukaan pendaftaran gelombang I sudah memenuhi kuota yang dibutuhkan  masing masing wilayah pemilihan, bahkan di sebagian besar wilayah pemilihan terdapat kelebihan kuota, sehingga harus dilakukan musyawarah nantinya untuk menentukan calon anggota BPD terpilih. hal ini mengacu pada Peraturan Bupati nomor 82 Tahun 2018 pasal 10  bahwa pengumuman dan pendaftaran anggota BPD dilaksanakan jalam jangka waktu 10 hari kerja sejak dibukanya pendaftaran dan hanya akan membuka pendaftaran gelombang II apabila masa 10 hari kerja gelombang I tidak terpenuhi.

Dari sembilan orang kuota yang dibutuhkan untuk menjadi anggota BPD Leran Kulon, total terdapat 16 pendaftar yang diterima. 4 pendaftar untuk wilayah pemilihan Dusun Layut, 3 orang pendaftar untuk wilayah pemilihan Dusun Leran, 4 orang pendaftar untuk wilayah pemilihan Dusun Krajan, 1 orang pendaftar untuk wilayah pemilihan Dusun Sejuwet, 4 orang pendaftar untuk wilayah pemilihan Dusun Kedaton dan 1 orang pendaftar untuk perwakilan perempuan. Artinya panitia harus melakukan musyawarah untuk menentukan anggota BPD terpilih, sehingga jumlahnya sesuai dengan kuota yang dibutuhkan. 

Tahapan selanjutnya ialah penelitian berkas bakal calon yang akan dilakukan mulai tanggal 12 sampai dengan 14 Februari 2019. dalam penelitian berkas tersebut panitia akan memeriksa keabsahan berkas yang diterima. Setelah ditetapkan oleh panitia, maka calon berhak dipilih oleh masyarakat desa lewat musyawarah yang akan diselenggarakan 8 maret nanti.


Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus