10 Maret 2019 09:17:10
Ditulis oleh Admin

Musyawarah Untuk Menentukan Calon Anggota BPD Lerankulon Terpilih

Tahapan pengisian anggota BPD Lerankulon telah mencapai puncaknya. Hari jumat kemarin, tanggal 08 maret 2019 telah diadakan musyawarah untuk menentukan anggota BPD terpilih. Musyawarah yang diadakan di Balai Desa Larankulon tersebut telah menghasilkan kesepakatan untuk menetapkan calon anggota BPD terpilih sebanyak 9 orang, 8 orang dari perwakilan wilayah dan 1 orang perwakilan perempuan. 8 orang perwaklian wilayah terbagi menjadi 5 dusun, 2 orang untuk wilayah Dusun Layut, 1 orang untuk wilayah Dusun Leran, 2 orang untuk wilayah Dusun Krajan, 1 orang untuk wilayah Dusun Sejuwet dan 2 orang untuk wilayah Dusun Kedaton.

 Seperti telah diketahui sebelumnya, Panitia pengisian anggota BPD lerankulon telah melakukan penjaringan calon anggota BPD sejak februari lalu. Dari Sembilan orang yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan Badan Permusyawaratan Desa Lerankulon periode 2019-2015, panitia pengisian mendapatkan 16 pendaftar, 3 pendaftar untuk wilayah pemilihan Dusun Layut, 3 orang pendaftar untuk wilayah pemilihan Dusun Leran, 4 orang pendaftar untuk wilayah pemilihan Dusun Krajan, 1 orang pendaftar untuk wilayah pemilihan Dusun Sejuwet, 4 orang pendaftar untuk wilayah pemilihan Dusun Kedaton dan 1 orang pendaftar untuk perwakilan perempuan. Ini berarti panitia pengisian harus melakukan musyawarah untuk 4 wilayah pemilihan dikarenakan adanya kelebihan pendaftar, yaitu wilayah Dusun Layut, wilayah Dusun Leran, Wilayah Dusun Krajan dan wilayah Dusun Kedaton.

Musyawarah untuk menentukan anggota BPD terpilih tersebut disambut antusias oleh warga masyarakat Desa Lerankulon, terbukti dari seratusan lebih warga yang diundang sebagai peserta musyawarah, hanya beberapa saja yang tidak hadir. Peserta musyawarah untuk menentukan anggota BPD terpilih sesuai dengan Peraturan Bupati Tuban no 82 tahun 2018 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 20 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawarahan Desa ialah RT, RW, Kadus dan Tokoh masyarakat untuk menentukan perwakilan wilayah. Sedangkan untuk menentukan perwakilan perempuan, Ibu-ibu TPPKK dan tokoh perempuanlah yang berhak mengikuti musyawarah.

Panitia memimpin musyawarah berdasarkan petunjuk dari Peraturan Bupati Tuban no 82 tahun 2018 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Daerah Nomor 20 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2016 tentang Badan Permusyawarahan Desa, yaitu ditawarkan kepada masyarakat untuk musyawarah mufakat terlenih dahulu. Dari 4 wilayah pemilihan yang melakukan musyawarah, keempat-empatnya memilih untuk langsung melakukan voting. Untuk berjaga-jaga, panitia telah menyiapkan surat suara, kotak suara, plano perolahan suara dan juga bilik suara beserta perlengkapan pencoblosan. Sebelum melakukan voting, seluruh peserta musyawarah berkumpul jadi satu di pendopo Balai Desa, namun saat melakukan voting, peserta musyawarah digiring untuk mendapatkan tempat terpisah agar proses voting lebih mudah dilaksanakan.

Proses voting juga tak kalah serunya, untuk wilayah pemilihan Leran, 3 orang calon harus bersaing ketat dikarenakan hanya satu calon yang ditetapkan sebagai calon terpilih. sedangkan  untuk wilayah pemilihan Dusun Krajan dilakukan pencoblosan dua putaran, dikarenakan untuk pencoblosan putaran pertama terjadi perolehan suara sama antara calon nomor urut 2 dan 3. Namun pada pencoblosan putaran kedua panitia sudah mendapatkan pemenangnya.

Berikut adalah daftar calon anggota BPD terpilih desa Lerankulon.

  • Wilayah pemilihan Dusun Layut
    • Kho Amin Saputo
    • Edy Subagyo
  • Wilayah pemilihan Dusun Leran
    • Eko Zaenuri
  • Wilayah pemilihan Dusun Krajan
    • Shofi urrohman
    • Sarkowi
  • Wilayah pemilihan Dusun Sejuwet
    • Kunti Fia Munissaroh
  • Wilayah pemilihan Dusun Kedaton
    • Warzulis
    • Surya Ade Putra
  • Perwakilan Perempuan
    • Nur Isnaini Zumaroh


image
Gambar Tambahan 1 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 2 Lihat Gambar
image
Gambar Tambahan 3 Lihat Gambar
Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus