Wilayah Desa

  • Kondisi Desa

Kaidah dasar perencanaan pembangunan mengisyaratkan bahwa perencanaan yang baik harus dimulai dari proses identifikasi kondisi riil dari wilayah perencanaan, maka pada sub bab ini untuk memberikan dukungan yang memadai dalam proses perencanaan pembangunan desa secara berturut-turut akan dijelaskan tentang kondidi geografis, demografis, ekonomi, sosial.

 

  • Kondisi Geografis Desa

Desa Lerankulon secara administrasi sudah memiliki kejelasan batas wilayah dan peta kewilayahannya, meskipun sampai dengan saat ini belum dipertegas dengan adanya peraturan perundangan yang mendukung hal tersebut. Adapun batas wilayah admistrasi Desa Lerankulon adalah sebagai berikut:

Tabel 2.1

Batas Wilayah Desa

No

Letak

Desa

Kecamatan

 1

UTARA

 Laut Jawa

 

 2

SELATAN

 Ngimbang

Palang

 3

BARAT

 Pucangan, Lerankulon

Palang

 4

TIMUR

 Leranwetan, Karang Agung

Palang

Sumber : Profil Desa Lerankulon Tahun 2017

Setelah memparkan batas wilayah desa maka pemaparan tentang kondisi geografis selanjutnya di tinjau dari  pola penggunaan lahan yang terdapat di Desa Lerankulon yang saat ini didominasi oleh lahan tak terbangun. Berkembangnya lahan terbangun yang terdapat di Desa Lerankulon ditentukan oleh tiga elemen orientasi. Elemen orientasi dari lahan terbangun ini adalah jalur utama sebagai main axis (akses utama), titik-titik akumulasi fasilitas pelayanan publik dan bentang wilayah pantai. Hal ini didasari atas tingkat benefitas lokasi apabila berada disekitar ketiga elemen diatas.

Pada elemen orientasi jalan utama, lahan terbangun khususnya pemukiman penduduk teruntungkan oleh ketersediaan akses yang luas karena adanya sarana jalan yang dapat menghubungkan pemukiman penduduk dengan fasilitas-fasilitas lainnya. Sementara elemen titik akumulasi fasilitas pelayanan memberikan kedekatan jarak antara pemukiman dengan fasilitas-fasilitas yang menjadi pusat kegiatan dan pelayanan hidup masyarakat. Keberadaan bentang wilayah pantai merupakan potensi ekonomi yang luar biasa untuk pembangunan Desa.

Komposisi penggunaan lahan yang terdapat di Desa Lerankulon saat ini didominasi oleh penggunaan lahan tak terbangun yang kebanyakan digunakan untuk kegiatan agraris yaitu hutan, sawah dan tegalan serta kegiatan perikanan tangkap (nelayan). Lebih Jelas dapat disimak dalam tabel dibawah ini:

 

Tabel 2.2

Luas Wilayah Desa menurut Penggunaan

NO

Kualifikasi

Keterangan  (Ha)

1

Luas Pemukiman

75,278 ha

2

Luas Persawahan

131,278 ha

3

Luas ladang/ tegalan

202.000 ha

4

Luas Kuburan

5 ha

5

Luas sekolahan

1,001 ha

6

Luas Perkantoran

0,125 ha

7

Luas Perikanan tambak

25 ha

Sumber : Profil Desa Lerankulon  Tahun 2017

Kondidsi iklim memiliki pengaruh yang sangat besar bagi semua aktifitas sosial ekomomi dari warga Desa Lerankulon, dalam kegiatan pertanian dan perikanan/nelayan pengaruh iklim menempati peringkat tertinggi untuk menjadi bahan pertimbangan perencanaan pembangunan, untuk itu berikut disajikan informasi iklim Desa Lerankulon secara umum. Informasi klimatologi dapat disimak pada bagian lain dari dokument ini.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)